Wednesday 17 February 2016

Ramuan Obat Tradisional untuk darah tinggi, kolesterol, mag, asam urat, flex paru paru dll

Narasumber : Bapak Amir Choirudin,  Sekuro, Jepara

1. Kayu Secang


Untuk darah tinggi, vertigo, stamina,  kolesterol, asam urat
Caranya kayu secang sejumput direbus air kira kira 2 liter bersama kayu manis, tambahkan gula aren secukupnya, minum 3-5 kali sehari
Untuk kolesterol tambahkan daun salam 15 lembar

Kandungan Zat di dalam Kayu Secang

Pemanfaatan dan khasiat kayu secang yang tergolong banyak, namun masih memiliki beberapa manfaat tambahan. Manfaat tambahan ini diperoleh melalui kandungan zat-zat kimia dan mineral, serta nutrisi yang terkandung di dalam kayu secang. apa saja kandungan zat dalam kayu secang? Berikut ini adalah kandungan zat pada kayu secang :

1. Brazilin – Seperti sudah disebutkan sebelumnya, brazilin merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Biasanya warna merah ini digunakan pada cat dan pewarna.
2. Polifenol – Manfaat kayu secang juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol sendiri merupakan salah satu zat yang merupakan manfaat antioksidan dan penangkal radikal bebas, yang seperti terkandung pada manfaat teh hijau.
3. Flavonoid
Flavonoid merupakan jenis pigmen pada tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat senyawa flavonoid di dalam tubuh kita :
 •Meningkatkan efektifitas manfaat vitamin C, yang diserap oleh tubuh
 •Merupakan zat antioksidan
 •Dapat berfungsi sebagai antibiotik alami
 •Dapat menangkal radikal bebas
4. Saponin
Merupakan salah satu senyawa kimia yang memberikan efek rasa pahit pada tanaman, termasuk kayu secang. saponin memiliki ciri-ciri, dengan munculnya busa atau berbuih ketika di kocok dengan menggunakan air.
5. Tannin
Tannin merupakan jenis senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan merupakan salah satu jenis senyawa yang kompleks. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tannin :
 •Menghentikan pendarahan
 •Anti bakteri
 •Memperbaiki dinding usus yang rusak karena ulah virus atau bakteri
6. Minyak atsiri
Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak essensial yang terkandung di dalam kayu secang. Sifatnya yang utama, adalah menimbulkan aroma yang khas dan unik. Berikut ini beberapa manfaat dari minyak yang biasa disebut dengan minyak eteris ini :
 •Bahan dasar analgesik
 •Obat sakit perut
 •Sebagai bahan dasar antiseptik

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari kayu secang. secang merupakan tanaman rempah Indonesia, yan sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, dan tentu saja harus kita lestarikan. Nah, sudah tau kan manfaatnya kayu secang ini? kita bisa memperoleh manfaatnya dengan optimal, dengan membuat wedang secang yang ditambahkan dengan rempah-rempah lainnya, seperti :

 •Manfaat kayu manis
 •Manfaat gula aren

Penambahan rempah-rempah ini ke dalam wedang secang, maka manfaat kayu secang akan lebih optimal dan akan lebih terasa di tubuh.

2. Roti Tawar
Untuk Sakit mag  atau gangguan lambung
beli roti tawar berbahan gandum utuh
masukkan ke lemari es
sampai roti gandum tersebut keras
makan di saat perut perih... jelang mau tidur dan bangun tidur

3. Buah kolang kaling


Berguna mengobati nyeri sendi.... rematik.... asam urat.... gout.... tulang kering.... keropos tulang.... minyak sendi lering..... urat kejepit
 rebus kolang kaling satu gelas seperempat kilo gram.... air tiga liter..... minum airnya sehari tiga kali segelas 200 cc

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.


4. Kencur dan garam


 Obat asma... flek pada paru.... masuk angin.... imun.... tbc..... napsu makan

Kandungan Zat di dalam Kencur

Pati (4,14 %)
Mineral (13,73 %)
Minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
Sineol
Asam metil kanil dan penta dekaan
Asam sinamat
Etil ester
Borneol
Kamphene
Paraeumarin
Asam anisat
Alkaloid dan
gom.

untuk lebih jelas bisa gabung di facebook :
https://www.facebook.com/groups/PerkututLokalIndonesia/

No comments:

Post a Comment